Latar Belakang Sejarah

Perintisan untuk memberikan bimbingan manasik jamaah calon hajji itu sesungguhnya sudah dirintis oleh Pimpinan Daerah Aisyiyah pada tahun 1994 dengan mengumpulkan calon hajji warga Muhammadiyah dan Aisyiyah untuk diberikan bimbingan manasik singkat di aula kecil Rumah Sakit Roemani. Bimbingan dimaksud adalah untuk memberikan pembekalan kepada warga Muhammadiyah agar di dalam menjalankan ibadah hajji tidak mengalami kesulitan dan dapat menjalankan manasik sesuai dengan Al Qur’an dan As Sunnah. Selanjutnya pada musim hajji 1995, sekembalinya H. Soeratman HM dan H.M. Soesanto dari menunaikan ibadah hajji, disampaikanlah gagasan kepada Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Semarang untuk mendirikan Lembaga Bimbingan Manasik Hajji Muhammadiyah. Faktor utama yang mendorong gagasan ini adalah karena masih banyaknya jamaah calon hajji yang awam dalam ber-Islam sehingga sebagian besar belum memahami tata cara ibadah hajji, bahkan tidak sedikit yang justru melakukan perbuatan yang bertentangan dengan syari’at Islam.

Gagasan untuk mendirikan Lembaga Bimbingan Manasik Hajji Muhammadi-yah tersebut mendapatkan respons dan apresiasi yang menggembirakan sehingga dibentuklah lembaga manasik dimaksud. Dengan Surat Keputusan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Nomor IA/I.b/280/SK/Ps/1995 tertanggal 15 Agustus 1995 bertepatan dengan tanggal 18 Robi’ul Awwal 1416 H yang ditanda-tangani Ketua H.M. Ali Cholil dan Sekretaris Drs. H. Machasin, maka Lembaga Bimbingan Manasik Hajji Muhammadiyah Kota Semarang itu secara resmi terbentuk dengan susunan kepemimpinan sebagai berikut :

Ketua: Drs. H. Munawar Sholeh.
Wakil Ketua: Dra. Hj. Nur Hayati Pasian.
Sekretaris: dr. Hery Wuyoso
Wakil Sekretaris: Hj. Nur Aini.
Seksi Manasik: Drs. H. Machasin (Koordinator).
Seksi Usaha: H. Suratman HM (Koordinator).

Perjalanan waktu antara tahun 1995 – 1997, tugas pokok dan fungsi LBMHM hanya memberikan bimbingan manasik kepada jama’ah calon hajji, tanpa adanya pendampingan ibadah hajji di tanah suci. Sejalan dengan perkembangan, terutama tuntutan jama’ah calon hajji serta ketentuan Pemerintah cq Departemen Agama mengenai partisipasi masyarakat dalam pembimbingan hajji, maka atas persetujuan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Semarang diajukanlah ijin pendirian Kelompok Bimbingan Ibadah Hajji Muhammadiyah Kota Semarang. Dengan terbitnya Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Propinsi Jawa Tengah Nomor WK/4-a.H.J.02/4570/1998 tertanggal 28 Nopember 1998 maka secara resmi KBIH Muhammadiyah Kota Semarang berdiri dengan susunan pengurus sebagai berikut :

Ketua : H. Soeratman HM
Wakil Ketua : Drs. H. Abu Hayan
Wakil Ketua : Hj. Muzaro’ah Zuhri.
Sekretaris : H.M. Susanto, BA
Wakil Sekretaris : Drs. H. Suroso Saryadi
Bendahara : Hj. Niniek Marhaeni Latief.
Wakil Bendahara : Hj. Siti Chasanah.
Seksi Manasik : Drs. H. Abu Hayan (Koordinator).
Seksi Perlengkapan : Drs. H. Kamid Idris (Koordinator).

Tugas pokok dan fungsi KBIH Muhammadiyah Kota Semarang ini adalah mengemban tugas pokok dan fungsi LBMH Muhammadiyah Kota Semarang yang dikembangkan, yaitu memberikan pendampingan dan bimbingan ibadah hajji sejak dari pelatihan manasik sampai pelaksanaan ibadah hajji di tanah suci dan pembinaan ke-Islaman pasca ibadah hajji.

Estimasi Porsi Haji

    Perkiraan (Estimasi) Keberangkatan Calhaj

    NOMOR PORSI
    TANGGAL LAHIR
     Format Tanggal : dd-mm-yyyy
    Contoh : 20-12-1958
     *Aplikasi Perkiraan Berangkat dalam kondisi maintenance
     *Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran
     *Aplikasi ini merupakan aplikasi perkiraan berangkat, bukan sebagai dasar kepastian berangkat tahun berjalan