Khawatir Keberangkatan Ditunda, Calhaj Datangi Kemenag

KLATEN, suaramerdeka.com - Pengurangan kuota haji tahun 2013 hingga 20 persen, membuat resah sebagian calon jamaah haji asal Klaten. Sejak kabar itu muncul, beberapa orang datang langsung ke panitia urusan haji dan umroh Kementrian Agama (Kemenag) Klaten. Namun, belum ada informasi yang jelas.

Mereka khawatir termasuk dalam 20 persen calon haji yang terpaksa ditunda keberangkatannya. Kebijakan pengurangan kuota ditempuh pemerintah Arab Saudi karena saat ini Masjidil Haram sedang dalam proses renovasi. Banyak calon jamaah yang khawatir ikut ditunda keberangkatannya.

“Memang ada beberapa calon jamaah haji yang datang ke sini untuk menanyakan soal pengurangan kuota haji, tapi kami juga belum tahu karena masih menunggu informasi dari pemerintah pusat. Kuota haji ditentukan oleh pusat,” kata Marsinah, petugas pelayanan haji Kemenag Klaten, Sabtu (15/6).

Belum jelasnya informasi tentang pengurangan kuota itu disampaikan Kasi Haji Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Klaten Waznan Fauzi kepada wartawan, kemarin. Kemenag Klaten belum mendapatkan petunjuk teknis dari Kemenag RI tentang realisasi pengurangan kuota haji tahun ini.

“Soal pengurangan kuota kami tunggu petunjuk dari pusat. Kami tetap akan menyelesaikan proses administrasi calon jamaah haji yang rencananya diberangkatkan tahun ini. Saat ini, sedang dalan proses pembuatan paspor, dijadwalkan 23 Juni nanti, paspor sudah diterbitkan dan bisa dibagikan,” tegas Waznan.

Namun meski akhirnya harus ada pengurangan kuota, hal itu tidak akan mengganggu persiapan pemberangkatan haji di Klaten. Bila terpaksa dilakukan pengurangan, maka panitia akan menghubungi calon jamaah yang ditunda setelah ada kejelasan. Tahun ini, total 1.219 calon jamaah haji yang akan diberangkatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Estimasi Porsi Haji

    Perkiraan (Estimasi) Keberangkatan Calhaj

    NOMOR PORSI
    TANGGAL LAHIR
     Format Tanggal : dd-mm-yyyy
    Contoh : 20-12-1958
     *Aplikasi Perkiraan Berangkat dalam kondisi maintenance
     *Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran
     *Aplikasi ini merupakan aplikasi perkiraan berangkat, bukan sebagai dasar kepastian berangkat tahun berjalan