Calhaj Resah Pengurangan Kuota Haji

mabit-di-mina

SALATIGA, suaramerdeka.com РPengurangan kuota haji oleh pemerintahan Arab Saudi untuk Indonesia membuat para calon  jemaah haji (calhaj) asal Salatiga resah. Bahkan, akibat pengurangan itu kantor Kementerian Agama (Kemenag) Salatiga terus diatangi para calhaj yang menanyakan kejelasan nasib calhaj itu.

Kasi Haji dan Umroh Kantor Kemenag Salatiga Mustadzkiroh mengatakan, selama tiga hari belakangan ini, pihaknya harus melayani para calhaj yang yang datang ke kantor untuk menayakan nasib mereka pasca beredar kabar adanya pengurangan kuota haji Indoensia sebesar 20 persen. Mau tidak mau, kouta itu juga akan berimbas pada jumlah calhaj di Salatiga.

“Saya memaklumi keresahan para calhaj. Pasalnya mereka sudah membayar lunas dan siap berangkat. Bahkan manasik haji juga sudah dilakukan dan tentunya khawatir jika tidak jadi berangkat,” katanya ditemui di Kantor Kemenag, Jumat (14/6).

Dikatakan, hingga kini pihaknya masih menunggu penjelasan resmi dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag maupun Kemenag pusat terkait teknis pengurangan kuota tersebut.

“Kami mengimbau para calon jamaah haji agar tidak cemas. Karena ini perintah dari pusat, kami tidak bisa berbuat apa- apa. Para calhaj harus siap jika gagal berangkat. Tentunya keberangkatan akan ditunda tahun berikutnya,” katanya.

Mustadzkiroh menuturkan, tahun ini jumlah calhaj Salatiga yang siap berangkat tercatat 255 orang. Jika nantinya kebijakan pengurangan 20 persen berarti ada 50 calhaj yang harus tertunda keberangkatannya.

Agus Pramono salah satu Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD) Salatiga 2013 mengatakan, pihaknya tidak bisa berbuat banyak seandainya pembatasan kuota itu benar-benar diterapkan.

“Kalau bisa pemerintah pusat memperjuangkan tidak ada pembatasan kuota sehingga mereka yang sudah siap berangakat tahun ini bisa diberangkatkan semua. Namun jika tetap ada pembatasan kuota, kami harap para calhaj yang tidak bisa berangkat mohon berasabar untuk menunggu tahun depan. Mau bagaimana lagi ini sudah keputusan dari pusat,” kata anggota DPRD Salatiga ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Estimasi Porsi Haji

    Perkiraan (Estimasi) Keberangkatan Calhaj

    NOMOR PORSI
    TANGGAL LAHIR
     Format Tanggal : dd-mm-yyyy
    Contoh : 20-12-1958
     *Aplikasi Perkiraan Berangkat dalam kondisi maintenance
     *Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran
     *Aplikasi ini merupakan aplikasi perkiraan berangkat, bukan sebagai dasar kepastian berangkat tahun berjalan