5.960 Calhaj Jateng Terancam Gagal Berangkat

SEMARANG, suaramerdeka.com – Sekitar 5.960 calon jamaah haji Jawa Tengah terancam gagal berangkat menyusul kebijakan pemerintah Arab Saudi mengurangi kuota jamaah haji sebanyak 20 persen untuk tiap negara.

Pengurangan tersebut berdampak belum rampungnya renovasi Masjidil Haram, Mekah. Kapasitas Masjidil Haram mestinya mampu menampung 48 ribu orang per jam. Dalam kondisi renovasi yang belum selesai, kapasitasnya menjadi 22 ribu orang per jam.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah, Khairudin menjelaskan, sesuai data pada Sistem Komputerisasi Haji Terpadu pada Kementerian Agama, kuota haji Jawa Tengah tahun ini mencapai 29.800 lebih.

Rencananya, jika pengurangan itu benar, maka kuota tiap provinsi juga akan dikurangi 20 persen. “Kuota haji Jawa Tengah kemungkinan berkurang sedikitnya 5.960 orang,” kata Khairudin, Jumat (14/6).

Rencananya, distribusi pengurangan juga akan diterapkan secara rata pada masing-masing kabupaten/kota sebanyak 20 persen. “Kami berharap masyarakat bisa memahami hal ini, karena pengurangan dilakukan oleh Arab Saudi dan berlaku untuk semua negara,” jelasnya.

Rencananya, lanjut Khairudin, pada 23-26 Juni nanti, Menteri Agama akan melakukan lobby kepada Kerajaan Arab Saudi agar kuota haji untuk Indonesia tidak berkurang atau pengurangannya tidak sampai 20 persen.

Jika pengurangan kuota tetap dilakukan, maka pemerintah akan memprioritaskan pemberangkatan calon haji sesuai dengan nomor urut pelunasan ongkos haji yang telah ditutup 17 Januari lalu.

“Yang lebih dahulu lunas, akan diprioritaskan berangkat. Prioritas juga akan diberikan kepada calon yang berusia 83 tahun keatas saat pelunasan. Sementara calon yang sudah pernah menunaikan haji tidak diberangkatkan tahun ini. Calon jamaah yang menggunakan kursi roda juga tidak akan diberangkatkan karena jalur khusus kursi roda masih dalam renovasi,” paparnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Estimasi Porsi Haji

    Perkiraan (Estimasi) Keberangkatan Calhaj

    NOMOR PORSI
    TANGGAL LAHIR
     Format Tanggal : dd-mm-yyyy
    Contoh : 20-12-1958
     *Aplikasi Perkiraan Berangkat dalam kondisi maintenance
     *Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran
     *Aplikasi ini merupakan aplikasi perkiraan berangkat, bukan sebagai dasar kepastian berangkat tahun berjalan